10 PHP Framework Yang Wajib Anda Ketahui

In Blogging

php-framework

PHP FrameworkPHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor , yang merupakan sebuah bahasa pemogramman paling banyak di gunakan serta di gemari oleh developer khususnya indonesia untuk pengembangan website yang dinamis . PHP pun kini sudah merilis versi 7.1 yang tentunya lebih canggih dan kompleks dari versi sebelumnya .

Hypertext Preprocessor dalam pembuatan aplikasi website pun dapat dibagi menjadi 2 bagian , yakni PHP Native dan PHP Framework . PHP Native adalah sebuah struktur code php yang di susun secara mandiri , dan PHP Framework adalah sebuah struktur code php yang sudah di susun oleh anda ataupun yang di sediakan komunitas framework .

Hypertext Preprocessor (PHP) pun dapat mempermudah penggunanya dalam membuat aplikasi web yang lebih dinamis dari skala kecil hingga skala besar . Dan dapat anda uji kemampuan bahasa pemogramman ini dalam fungsi pembuatan website yang dinamis . Saya akan membahas Apa saja PHP Framework Yang Wajib Anda Ketahui agar membantu anda dalam pembuatan website lebih menyingkat waktu , Berikut ulasan 10 PHP Framework yang wajib anda ketahui .

1. Laravel

 

php,framework,laravel framework,php5,php7

PHP Framework Laravel adalah sebuah framework yang kini sedang tren kalangan developer indonesia , menurutnya framework laravel lebih powerfull , sintaks yang lebih elegan dan ditujukan untuk pengembangan aplikasi web mengikuti model-view-controller (MVC) pola arsitektur .

Beberapa fitur dari Laravel adalah sistem modular kemasan dengan manajer ketergantungan berdedikasi, cara yang berbeda untuk mengakses database relasional, utilitas yang membantu dalam penyebaran aplikasi dan pemeliharaan, dan orientasi ke arah sintaksis . Laravel di bangun oleh Taylor Otwell pada June 2011 bekerja keras untuk membangun framework ini agar lebih nyaman dan mudah di gunakan oleh developer .

 

2. Codeigniter

 

php,framework,codeigniter framework,php5,php7

PHP Framework Codeigniter adalah sebuah aplikasi framework open source web ringan yang memanfaatkan arsitektur MVC untuk dengan cepat mengembangkan aplikasi web tanpa harus mematuhi ketat . Framework ini awalnya di kembangkan oleh Rick Ellis , namun saat ini Codeigniter di bawah naungan British Columbia Institute of Technology . Kini codeigniter sudah memasuki perkembangan nya pada edisi ke-4 ini , tentunya lebih kompatibel dengan aturan sintaks PHP 7 tersebut .

Dalam edisi terbarunya Codeigniter ini banyak developer yang berkontribusi terhadap project codeigniter serta banyaknya perubahan yang drastis dari edisi sebelumnya .

 

3. CakePHP

 

php,framework,cakephp framework,php5,php7

PHP Framework CakePHP dimulai pada April 2005, ketika seorang programmer polandia Michal Tatarynowicz menulis versi minimal dari pengembangan aplikasi yang cepat di PHP, dan mengambil konsep Kue . CakePHP pun tidak kalah saing dengan framework lain , framework ini pun memiliki modul dan fitur yang lengkap untuk bekal dalam membangun sebuah aplikasi website besar .

Kini CakePHP sudah melakukan perkembangan terhadap frameworknya sebanyak 241 kali rilis dengan total 440 kontributor developer dari berbagai negara . Framework ini sudah kompatibel dengan Composer sehingga memudahkan perkembangan aplikasi lebih mudah dan nyaman .

CakePHP memiliki layanan Cookbook secara gratis dan dokumentasinya pun sangat baik sehingga mempermudahkan anda untuk mempelajari CakePHP dalam pembuatan aplikasi website .

 

4. Symfony

 

php,framework,symfony framework,php5,php7

PHP Framework Symfony adalah full-stack web framework PHP. Hal ini ditulis dengan kecepatan dan fleksibilitas dalam pikiran. Hal ini memungkinkan pengembang untuk membangun lebih baik dan mudah untuk mempertahankan situs web dengan PHP . Symfony dapat digunakan untuk mengembangkan semua jenis website, dari blog pribadi Anda dengan orang-orang lalu lintas tinggi seperti Dailymotion atau Yahoo! Answers .

Symfony di publikasikan pada October 18 oleh Fabien Potencier bersama kontributor lainnya , 2005 dan dirilis di bawah lisensi MIT , Symfony bertujuan untuk mempercepat penciptaan dan pemeliharaan aplikasi web dan untuk menggantikan tugas-tugas coding berulang . Symfony memiliki overhead kinerja rendah digunakan dengan cache bytecode .

Symfony bertujuan untuk membangun aplikasi yang kuat dalam konteks perusahaan, dan bertujuan untuk memberikan pengembang kontrol penuh atas konfigurasi: dari struktur direktori ke library asing, hampir semuanya dapat disesuaikan. Untuk mencocokkan pedoman pengembangan usaha, Symfony dibundel dengan alat tambahan untuk membantu menguji pengembang, debug dan dokumen proyek .

Selain itu banyak Content Management System (CMS) yang di buat menggunakan komponen-komponen symfony . Symfony itu sangat terinspirasi oleh framework aplikasi web lainnya seperti Ruby on Rails, Django, dan Spring . Symfony membuat berat penggunaan proyek PHP open-source yang ada sebagai bagian dari kerangka, termasuk:

  • Mendorong atau Ajaran sebagai lapisan object-relational mapping
  • PDO lapisan abstraksi database (1.1, dengan Ajaran dan Propel 1.3)
  • PHPUnit, framework pengujian unit
  • Twig, sebuah mesin template
  • Swift Mailer, perpustakaan e-mail

 

5. PhalconPHP

 

php,framework,phalconphp framework,php5,php7

PhalconPHP adalah sebuah full-stack PHP framework yang berbeda dengan framework lain , keunikannya pada konsepnya yakni menggunakan bahasa pemogramman C dan di kombinasikan bahasa pemogramman PHP yang di gunakan pada web server . Tentunya phalconphp menjajikan konsepnya ini akan menampilkan kerja lebih cepat dan menghemat sumber daya terhadap server bila di bandingkan pada framework lainnya .

PhalconPHP sendiri di buat pada November 14, 2012 oleh Andres Gutierrez bersama rekan-rekannya . Framework ini pun tak kalah saing dengan framework lainnya seperti Laravel , Performa yang powerfull , Beban sumber daya yang lebih minimalis ini membuat para developer tertarik pada PhalconPHP .

 

6. Yii2

 

php,framework,yii2 framework,yii framework,php5,php7

PHP Framework Yii2 mempunyai moto yakni ” The Fast, Secure and Professional PHP Framework ” , Karena Yii2 Framework didukung dokumentasi yang bagus dan salah satu fitur intinya yaitu Ajax-enabled widgets , Layered Caching Scheme , Model-View-Controller (MVC) design pattern dan masih banyak lainnya . Sehingga membuat Yii2 Framework lebih powerfull dari versi sebelumnya , maka dari itu Yii2 pun banyak di gunakan para developer karena lebih nyaman dalam membuat aplikasi website .

Yii2 Framework ini juga di dukung penuh oleh 715 kontributor dari developer berbagai negara , sehingga terjadi perkembangan yang banyak sekali yakni 15.941 commits . Namun Yii2 ini jarang sekali melakukan perilisan versi terbarunya bahkan saat ini hanya melakukan 14 perilisan saja .

 

7. FuelPHP

php,framework,fuelphp framework,php5,php7

FuelPHP adalah sederhana, fleksibel, masyarakat didorong PHP 5.3+ framework, berdasarkan ide-ide terbaik dari framework lainnya, dengan sebuah awal baru bagi team FuelPHP . FuelPHP ini bermula pada Oktober 2010 . Kontributor utama untuk FuelPHP saat berawalnya berdiri yakni Harro Verton, Jelmer Schreuder, Dan Horrigan, Philip Sturgeon dan Frank de Jonge . Kemudian Pada November 2013 , Steve West bergabung dengan tim pengembangan FuelPHP .

PHP Framework FuelPHP ditulis dalam PHP 5.3 dan membutuhkan setidaknya 5.3.3 untuk FuelPHP versi 1.x , Cascading File System (terinspirasi oleh Framework Kohana) merupakan struktur direktori sebagian didasarkan pada ruang nama yang digunakan oleh kelasnya . Hampir setiap komponen dari framework inti dapat diperpanjang atau diganti , Dan aplikasi dapat dibagi menjadi modul serta fungsionalitas tambahan dapat ditambahkan ke framework melalui paket .

 

8. Zend Framework

 

php,framework,zend framework,php5,php7

PHP Framework Zend Framework (ZF) adalah open source atau gratis, berorientasi objek kerangka aplikasi web diimplementasikan di PHP 5 dan berlisensi di bawah naungan lisensi New BSD . Selain open source Zend Framework ini juga bersedia melayani untuk penggunaan bisnis , Dalam sejarahnya sudah terbukti sukses menjalankan bisnis kritis dan tinggi penggunaan aplikasi konsumennya .

Saat ini Zend Framework sudah melakukan pembaruan sebanyak 80 kali dengan kontributor yang cukup banyak yakni 690 kontributor . Selain itu framework ini juga sudah memiliki sertifikasi PHP Engineer dan program Sertifikasi Zend Framework diciptakan dan dipantau oleh dewan penasehat independen yang anggotanya berkontribusi besar-besaran untuk PHP dan Zend Framework proyek open source .


Ujian Sertifikasi Zend ikuti diterima standar industri untuk menguji pengetahuan teknis dan keterampilan yang dibutuhkan di pasar kerja saat ini dan diakui sebagai standar industri untuk ujian PHP . Zend Framework juga memiliki target yang memuaskan untuk para penggunanya , yakni Professional PHP packages ready for PHP 7 , Focused on Simplicity , Reusability , and Performance .

 

9. Slim

 

php,framework,slim framework,slim micro framework,micro framework,php5,php7

PHP Framework Slim adalah kerangka kerja PHP mikro yang membantu Anda cepat dalam membuat aplikasi web sederhana namun kuat menggunakan API . Sehingga Slim Framework ini bisa di bilang ringan dalam memuat terhadap server , Selain itu Slim Framework ini pun sudah kompatibel dengan Composer , PHPUnit dan PSR .

Slim mendukung injeksi ketergantungan sehingga Anda memiliki kontrol penuh dari alat eksternal anda menggunakan kontainer-kontainer interoptual . Slim Framework pun tak kalah dengan micro framework lainnya , yang mempunyai 161 kontributor dan melakukan 75 kali pembaruan terhadap Slim Micro Framework ini .

Micro Framework ini berawal di buat oleh 4 kontributor yakni Josh Lockhart , Andrew Smith , Rob Allen , Gabriel Manricks dan kontributor lainnya yang berpartisipasi mengembangkan Slim Micro Framework . Semakin berkembangnya jaman , kini Slim Micro Framework sudah memasuki versi 4.0 dan banyak dukungan kontribusi dari para developer dunia .

 

10. Lumen

 

php,framework,micro framework,lumen framework,lumen micro framework,php5,php7

PHP Framework Laravel Lumen adalah PHP mikro-kerangka memukau cepat untuk membangun aplikasi web dengan ekspresif, sintaks elegan. Mereka percaya pembangunan harus menjadi pengalaman kreatif menyenangkan untuk benar-benar memuaskan. Lumen mencoba untuk mengambil rasa sakit dari pembangunan dengan mengurangi tugas-tugas umum digunakan di sebagian besar proyek web, seperti routing, database abstraction, queueing, dan caching .

Lumen micro framework ini pun di bawah naungan Laravel Framework yaitu Taylor Otwell , dan micro framework ini lebih unggul dari micro framework lainnya . Lumen juga memiliki moto yang kurang lebih sama dengan lainnya agar framework mereka berkualitas , cepat dan ringan , yakni The stunningly fast micro-framework by Laravel .

Fitur yang di miliki kurang lebih sama dengan Laravel Framework , namun Lumen ini di modifikasi kembali agar menjadi lebih ringan , cepat , dan nyaman bagi penggunanya . Banyak konsep yang mengadopsi framework laravel , maka dari itu Lumen Micro Framework ini bisa menjadi unggulan untuk micro framework .


Semua framework yang saya bahas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing , anda dapat menguji PHP Framework ini dalam kemampuan membuat website menjadi lebih indah , lebih cepat , lebih nyaman bagi anda dan pengunjung website anda

Tags: #tips komputer #trik komputer #tutorial komputer

3 Tutorial Cara Membangun Toko Online di WordPress
3 Tutorial Cara Membangun Toko Online di WordPress
Seiring perkembangan teknologi internet saat ini, semakin
Bagaimana Cara Menggunakan WordPress Untuk Pemula
Bagaimana Cara Menggunakan WordPress Untuk Pemula
WordPress sendiri adalah salah satu fasilitas yang
Membuat Simple Syntax Highlighter Di Blogger
Membuat Simple Syntax Highlighter Di Blogger
Apakah anda Ingni Menggunakan Prettify Syntax
Cara Membuat Fanpage Facebook Melayang Di Blog
Cara Membuat Fanpage Facebook Melayang Di Blog
Bagi Para Blogger Yang mempunyai Fanpage
Memasang Widget Random Post di Blogger dengan Thumbnail
Memasang Widget Random Post di Blogger dengan Thumbnail
Random Post Blogger Thumbnail – Apakah
Tips dan Trik Menggunakan WordPress untuk Pemula
Tips dan Trik Menggunakan WordPress untuk Pemula
Apakah anda baru Menggunakan CMS WordPress
2 Cara Membuat akun OpenID untuk Berkomentar di Blog
2 Cara Membuat akun OpenID untuk Berkomentar di Blog
alimadura.com – Pada artikel kali ini
Must read×

Top
web statistics