Alap Alap Walet, Eurasian Hobby

In Satwa 91 views

Alap Alap Walet atau Eurasian hobby merupakan salah satu jenis alap-alap berukuran kecil dan ramping. Alap-alap salah satu dari keluarga Falconidae sama dengan alap-alap australia yang sempat kami bahas pada postingan sebelumnya. Selain nama eurasian hobby dalam bahasa inggris, burung pemangsa ini memiliki nama ilmiah yakni Falco subbuteo. Falco subbuteo pertama dikenalkan oleh naturalis swedia carl linnaeus pada tahun 1758 edisi ke-10 pada Systema Naturae dibawah nama present binomial. Nama genus falco berasal dari late latin falx, falcis, sabit, yang mengacu para cakar burung pemangsa ini. Sedangkan nama subbuteo diambil dari sub latin “near to” and buteo, ” buzzard”. Alap-alap ini hampir sama dengan australian hobby, dimana keduanya sama-sama memiliki topi dibagian kepala. Sedangkan untuk ukuran tubuhnya juga hampir sama, dimana untuk alap-alap australia sekitar 34-35,5 cm sedangkan burung predator ini antara 29–36 cm dan rentang sayap sekitra 74–84 cm dengan berat tubuh sekitar 175–285 g (6.2–10.1 oz)
alap alap walet eurasian hobby (falco subbuteo)

Deskripsi Alap Alap Walet, Eurasian hobby

Seperti yang sudah di singgung di atas, bahwa alap alap walet salah satu jenis burung pemangsa berukuran kecil yang hanya antara 29–36 cm dari ujung paruh sampai ujung ekor. Rentang sayap sekitra 74–84 cm dengan berat tubuh sekitar 175–285 g (6.2–10.1 oz). Burung in i berwarna hitam dan putih. Sayap panjang paha dan tungging merah karat. Tubuh bagian atas abu-abu gelap, dada putih susu bercoret hitam. Betina: ukuran lebih besar, lebih coklat, lebih bercoret pada paha dan bulu penutup ekor bagian bawah. Segera dapat dibedakan dengaan Alap-alap macan dari dada yang keputih – putihan. Iris coklat, paruh abu-abu dengan sera kuning, kaki kuning.

Penyebaran Alap Alap Walet, Eurasian hobby

Alap-alap walet atau eurasian hobby dapat dijumpai di daratan Afrika, Erasia, India, Cina dan Burma. Namun ketika musim dingin, mereka imigrasi berkelompok dengan skala kecil ke daerah selatan. Terdapat dua subspesies yang teridentifikasi pada burung pemangsa ini, yaitu:

    • subbuteo Linnaeus, 1758 – Barat-laut Afrika dan Eropa Timur sampai Asia Tengah, China Utara, Kamchatka, Sakhalin, dan Jepang bagian utara. Pada musim dingin bermigrasi ke Afrika Tengah dan Selatan serta Asia Selatan.
    • streichi Hartert & Neumann, 1907 – Cina Timur dan Selatan, mungkin juga di Burma dan Indochina bagian utara.

Kebiasaan dan perilaku Alap Alap Walet, Eurasian hobby

Alap-alap walet menyukai lahan terbuka seperti lahan pertanian, rawa-rawa, taiga dan savana. Mereka tersebar luas di dataran rendah dengan hutan kecil yang tersebar. Alap alap walet salah satu pemangsa yang handal, pemberani dan penuh rasa ingin tahu, dan pandai akrobatik sehingga burung ini sering digunakan untuk memburu burung seperti puyuh, srigunting dll oleh falconer. Makanan alap alap walet seperti serangga besar seperti capung, kelelawar, burung kecil dll. Ketika musim kawin, burung predator dapat menghasilkan 2-4 telur dengan warna cokelat bintik-bintik cokelat tua yang dierami sampai 28 hari saling bergantian, namun yang sering mengerami burung betina.

Tags: #alap-alap #alap-alap walet #harga alap-alap

Jenis Burung Hantu di Indonesia dan Dunia
Jenis Burung Hantu di Indonesia dan Dunia
Burung Hantu – Selain jenis elang dan
Elang Brontok atau Changeable Hawk eagle (CHE)
Elang Brontok atau Changeable Hawk eagle (CHE)
Elang Brontok atau elang CHE adalah salah
Lovebird Biola, Ciri-ciri dan Harga Lovebird Biola
Lovebird Biola, Ciri-ciri dan Harga Lovebird Biola
Lovebird biola – Nama Biola mungkin sebagian
Elang Hitam / Indian Black Eagle (IBE)
Elang Hitam / Indian Black Eagle (IBE)
Elang Hitam atau yang lebih dikenal dengan
Must read×

Top