Cara Menghitung Masa Subur Wanita (99% Akurat)

In Kesehatan

Cara Menghitung Masa Subur Wanita – Cara menentukan kapan masa subur wanita dengan tepat dan akurat adalah hal yang paling penting diketahui bagi anda yang ingin cepat hamil.

Karena pada masa subur inilah ovulasi terjadi, salah satu proses di mana sel telur dilepaskan dari indung telur (ovarium) menuju ke saluran indung telur (tuba fallopi).

Oleh karena pembuahan dapat terjadi setelah setelah peristiwa ovulasi, maka ketika kita dapat mengetahui kapan masa subur seorang wanita menjadi sangat penting bagi pasutri yang baru menikah dan ingin segera memiliki anak.

Masa subur bergantung pada siklus haid oleh karena itu kapan terjadinya masa subur pada setiap wanita tentu berbeda-beda pula.

Masa subur wanita yang siklus haidnya teratur berbeda cara menentukannya dengan wanita yang siklus haidnya tidak teratur.

Untuk itulah maka di artikel ini kami menjelaskan cara menentukan masa subur wanita yang siklus haidnya teratur dan yang siklus haidnya tidak teratur, sehingga anda tahu bagaimana menentukan dengan akurat kapan masa subur anda sendiri.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Berikut penjelasan lengkap cara menentukan kapan masa subur wanita baik yang siklus haidnya teratur maupun yang tidak.

Menentukan masa subur wanita yang siklus haidnya teratur 28 hari

Untuk wanita yang siklus haidnya teratur 28 hari, cara menentukan masa suburnya mudah saja, cukup kurangi hari pertama haid yang berikutnya dengan 14 dan ketemulah masa suburnya. Agar dapat lebih memahaminya kita misalkan saja hari pertama anda haid adalah tanggal 3 Mei.

Selanjutnya tambahkan dengan 28 dan itu adalah hari pertama haid anda berikutnya. Jadi 1 + 28 = 29. Dengan demikian, hari pertama haid anda berikutnya adalah tanggal 29 bulan Mei tersebut. Nah sekarang, untuk mengetahui masa subur anda, tinggal kurangi saja 29 dengan 14 dan ketemulah masa subur anda. 29 – 14 = 15, sehingga didapatlah hari di mana anda berada dalam keadaan subur yaitu pada tanggal 15 bulan Mei tersebut.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Tanggal 15 ini biasa juga disebut dengan Puncak Masa Subur, karena pada hari inilah anda berada dalam keadaan yang paling subur. Kemudian, 3 hari sebelum dan sesudah puncak masa subur tersebut adalah masa subur biasa. Sehingga dengan demikian, maka masa subur anda pada bulan mei tersebut adalah pada tanggal: 12, 13, 14, 15, 16, 17 dan 18, dengan puncak masa subur pada tanggal 15.

Dan itulah cara menentukan kapan masa subur seorang wanita yang siklus haidnya teratur 28 hari yang tentu sama cara perhitungannya jika anda ingin menentukan masa subur anda sendiri.

Apabila kamu dapat mengetahui masa subur kamu sendiri, maka kamu akan dengan mudah mengtahui kapan saat yang paling tepat dalam berhubungan seksual jika memang kamu berencana untuk hamil.

Dalam contoh di atas, saat yang paling tepat untuk anda berhubungan seksual adalah pada tanggal 12, 13, 14, 15, 16, 17 dan 18 bulan Mei tersebut.

Menentukan masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur

Untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur, cara menentukan masa suburnya agak sedikit rumit, karena harus mengetahui siklus haidnya setidak-tidaknya 6 bulan terakhir.

Lalu kamu tinggal mengurangi saja siklus haid terpendek kamu dengan 18 dan hasilnya adalah hari pertama masa suburnya dan kemudian kurangi siklus haid terpanjangnya dengan 11 dan hasilnya adalah hari terakhir masa suburnya.

Terlebi dahulu mari kita pahami apa yang dimaksud dengan siklus haid. Siklus haid adalah lama hari dari hari pertama haid yang sebelumnya sampai pada hari pertama haid berikutnya. Contohnya pada bulan Mei kamu mulai haid pada tanggal 9, kemudian pada bulan Juni mulai haid pada tanggal 7, maka berarti sikus haid anda adalah 29 hari. Maka itu dinamakan SATU SIKLUS HAID

Jadi kalau pada bulan Juli anda mulai haid tanggal 5, maka dihitung dari bulan Mei, berarti itu sudah 2 siklus haid berturut-turut, yaitu 29 hari dan 27 hari. Sudah paham apa itu siklus haid ? jika sudah mari kita lanjutkan

kita misalkan saja siklus haid anda selama 6 bulan terakhir berturut-turut adalah:

29, 30 , 28 , 31 , 27  dan 26 hari.

Dari siklus haid selama 6 bulan terakhir ini, maka masa subur anda adalah sebagai berikut:

Hari pertama masa subur kamu: 26 – 18 = 8 lalu. Hari terakhir masa subur anda: 31 – 11 = 20

Dengan demikian, maka masa subur kamu adalah pada hari ke-8 dihitung dari hari pertama kamu haid sampai dengan hari ke-20 juga dihitung dari hari pertama anda haid. Sehingga jika kamu haid pada tanggal 9 Maret, maka hari pertama masa subur kamu adalah pada tanggal: 9 + 8 = 17 dan hari terakhir masa subur anda adalah tanggal: 9 + 20 = 29.

Jadi dalam contoh di atas bisa kita lihat, kamu berada dalam keadaan subur pada tanggal 17 s/d tanggal 29 (17,18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 28 dan 29) dengan Puncak Masa Subur anda adalah terjadi pada tanggal 17.

Seperti itulah cara bagaimana menentukan kapan masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur yang bisa kamu jadikan ukuran dalam menentukan masa subur kamu sendiri jika memang siklus haid kamu juga tidak teratur.

Menentukan masa subur wanita dengan alat Test Pack Kesuburan

menggunakan tes pack kesuburan

menggunakan tes pack kesuburan

Khususnya untuk kamu yang siklus haidnya tidak teratur, terdapat satu cara lain dalam menentukan masa subur kamu kalau kamu lupa dengan siklus haid kamu selama 6 bulan terakhir.

Cara seperti ini sebenarnya lebih dianjurkan untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur daripada kamu harus menghitung secara manual seperti di atas. karena keakuratan metode ini dalam menentukan masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur sangat tinggi, yakni mencapai hingga 95% — Jadi sangat akurat daripada kamu menghitung manual masa subur kamu.

Cara nya  adalah dengan menggunakan alat Test Pack kesuburan. Alat test pack kesuburan ini dapat kamu jumpai di apotek-apotek terdekat di rumah kamu.

Dan cara menggunakan lata inipun sederhana sama seperti ketika kamu menggunakan alat testpack kehamilan. Yaitu dengan cara mencelupkan alat test pack ini ke dalam wadah yang berisi air seni kamu dan tunggu sekitar kurang lebih 5 menit.

Setelah 5 menit alat ini akan menunjukan hasil, jika hasilnya positif (+) itu artinya kamu sedang berada dalam keadaan subur, namun jika negatif (–) artinya kamu belum berada dalam masa subur.

Begitulah cara yang dapat kamu gunakan dalam menetukan masa subur wanita baik yang siklus haidnya teratur 28 hari maupun yang siklus haidnya tidak teratur.  Semoga bermanfaat Terima kasih

Silakan Baca Juga:

ladyfem

Save

Tags: #gaya hidup #nutrisi #penyakit #sehat alami

Iniloh 4 Cara Cepat Hamil Setelah Haid (#Wajib Tahu)
Iniloh 4 Cara Cepat Hamil Setelah Haid (#Wajib Tahu)
Cara Cepat Hamil Setelah Haid – Mempunyai
12 Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami Agar Cepat Hamil
12 Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami Agar Cepat Hamil
Cara Menyuburkan Kandungan – Kadang kita menemui
Cara Menghilangkan Kapalan Di Kaki Dan Tangan Secara Alami (100% Ampuh)
Cara Menghilangkan Kapalan Di Kaki Dan Tangan Secara Alami (100% Ampuh)
Cara Menghilangkan Kapalan – Kulit kapalan sering
Cara Menghilangkan Pori-Pori Di Wajah Secara Alami (100% Terbukti)
Cara Menghilangkan Pori-Pori Di Wajah Secara Alami (100% Terbukti)
Cara Menghilangkan Pori-Pori – Pori-pori diwajah terkadang
7 Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami (99% Ampuh)
7 Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami (99% Ampuh)
Cara Mengobati Asam Lambung – Asam lambung
Ini 7 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Secara Alami (99% Recomended)
Ini 7 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Secara Alami (99% Recomended)
Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil – Keputihan
7 Cara Menghilangkan Jerawat Di Punggung Secara Alami (100% Ampuh)
7 Cara Menghilangkan Jerawat Di Punggung Secara Alami (100% Ampuh)
Cara Menghilangkan Jerawat Di Punggung – Jerawat
Cara Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan Secara Alami (100% Manjur)
Cara Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan Secara Alami (100% Manjur)
Cara Menghilangkan Dahak – Dahak seringkali ada
Must read×

Top
web statistics