Cara Meningkatkan Kecepatan WordPress dengan Mudah

In Blogging

Cara Meningkatkan Kecepatan WordPress dengan Mudah – WordPress merupakan salah satu CMS yang memiliki fitur paling lengkap dan mudah digunakan. Sebelumnya apakah kamu tahu apa itu CMS? CMS atau singkatan dari Content Management System adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama.

WordPress dibuat dengan mempertimbangkan kegunaan. Namun di era yang digital ini, kecepatan dan kinerja yang paling diutamakan. Ketika kita akan membuka sebuah website dan kita harus menunggu lama karena websitenya belum terbuka, yang kita lakukan pasti menutup atau meninggalkan website tersebut.

Dan tahukah kalian? Google memasukan kecepatan website sebagai salah satu kriteria penilaian website. Sekarang timbul pertanyaan, bagaimana cara meningkatkan kecepatan wordpress dengan mudah?

1. Pakai Hosting yang Bagus

Gunakan hosting yang bagus dan berkualitas. Percuma jika kamu menggunakan hosting murah tetapi lambat dan sering down. Carilah hosting yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

2. Optimasi media

Lamanya waktu loading pada website ini juga dipengaruhi oleh gambar yang tidak dioptimasi. Dengan begitu, gunakanlah plugin Imagfy. Plugin Imagfy ini mengharuskan kalian untuk mendaftar dan generate sebuah API Key. Namun untuk paket gratisnya hanya dapat memproses gambar sebanyak 50 MB perbulan.

3. Lazy Load Image

Cara meningkatkan kecepatan wordpress dengan mudah selanjutnya yaitu jangan memuat gambar jika tidak diperlukan. Lebih baik jika seseorang membuka halaman website, gambar akan muncul pada layar utama saja dan gambar baru akan muncul ketika kita melakukan scroll. Gunakan plugin Lazy Load untuk memuat gambar hanya ketika seseorang melakukan scroll hingga posisi gambar berada. Ini dapat menghemat waktu loading.

4. Analisa Plugin WordPress

Jangan menginstall terlalu banyak plugin tanpa tahu apa fungsinya. Download plugin yang dibuat untuk optimasi. Jika kita download berbagai plugin yang sebenarnya tidak dibuat untuk optimasi, ini akan menurunkan performa website. Maka dari itu gunakan P3 Profiler untuk membantu kalian dalam menganalisa berapa banyak waktu yang diambil oleh plugin-plugin tersebut ketika membuka website.

5. Optimasi Database

Jagalah database tetap bersih dan teroptimasi tanpa harus bekerja terlalu rumit. Dengan menggunakan plugin WP Optimize kamu dapat membersihkan data yang tidak perlu seperti revisi postingan, draft yang sudah lama, komentar spam, dll hanya dengan satu klik saja.

6. Percepat PHP

Untuk mempercepat PHP, gunakan OPCache. OPCache adalah sebuah cache untuk kode PHP. Dengan menggunakan OPCache kode kalian akan berjalan lebih cepat dengan menyimpan kode yang sudah dikompilasi dalam cache.

Itulah cara meningkatkan kecepatan wordpress dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba teman-teman 😉

Tags: #tips blog #trik blog #tutorial blog

3 Tutorial Cara Membangun Toko Online di WordPress
3 Tutorial Cara Membangun Toko Online di WordPress
Seiring perkembangan teknologi internet saat ini, semakin
Bagaimana Cara Menggunakan WordPress Untuk Pemula
Bagaimana Cara Menggunakan WordPress Untuk Pemula
WordPress sendiri adalah salah satu fasilitas yang
Membuat Simple Syntax Highlighter Di Blogger
Membuat Simple Syntax Highlighter Di Blogger
Apakah anda Ingni Menggunakan Prettify Syntax
Cara Membuat Fanpage Facebook Melayang Di Blog
Cara Membuat Fanpage Facebook Melayang Di Blog
Bagi Para Blogger Yang mempunyai Fanpage
Memasang Widget Random Post di Blogger dengan Thumbnail
Memasang Widget Random Post di Blogger dengan Thumbnail
Random Post Blogger Thumbnail – Apakah
Tips dan Trik Menggunakan WordPress untuk Pemula
Tips dan Trik Menggunakan WordPress untuk Pemula
Apakah anda baru Menggunakan CMS WordPress
2 Cara Membuat akun OpenID untuk Berkomentar di Blog
2 Cara Membuat akun OpenID untuk Berkomentar di Blog
alimadura.com – Pada artikel kali ini
Must read×

Top
web statistics