Hewan Exotic Bukan Hanya Lucu dan Menggemaskan, Tapi

In Satwa 80 views

Hewan Exotic – Beberapa alasan mendasari pet lovers untuk memiliki hewan peliharaan (pets). Seringnya karena melihat fisik hewan yang lucu. Seiring waktu berjalan, saat ini banyak sekali ragam hewan yang kerap dijadikan sebagai hewan peliharaan. Dari yang mainstream sampai yang exotic (wild). Hewan-hewan exotic cenderung memiliki ciri fisik yang unik, kebayakan dari mereka memiliki ciri fisik yang lucu dan menggemaskan salah satunya burung yellow bibbed lorikeet. Walaupun ada juga hewan-hewan exotic yang dipelihara karena bentuk fisiknya yang terlihat garang dan menyeramkan.
macam-macam-hewan-exotic
Terkhusus pencinta hewan exotic, umumnya adalah bukan “orang biasa” mereka biasanya berkantong tebal. Karena harga hewan-hewan exotic ini terbilang fantastis, bs setara dengan harga motor, mobil bahkan rumah. Selain itu pencinta hewan exotic biasanya juga adalah orang-orang sibuk yang memiliki aktifitas tinggi kesehariannya. Tak jarang ini yang menjadi asal muasal “bencana” dalam pemeliharaan hewan exotic.
Patut diingat, hewan-hewan exotic sejatinya adalah hewan liar yang hidup di habitat aslinya, mereka sebenarnya bukan diciptakan sebagai hewan peliharaan yang sehari-hari hidup bersama manusia.

Yang perlu diperhatikan sebelum pelihara hewan exotic

Sebelum memutuskan untuk memiliki hewan exotic sebagai peliharaan, ada baiknya pertimbangkan beberapa hal :

  1. BUDGET
      Pastikan kita memiliki budget yang cukup, karena selain harganya yang mahal, biaya pakan dan perawatan hewan exotic juga terbilang mahal.
  2. WAKTU
      Pastikan kita memiliki cukup waktu untuk berinteraksi dengan mereka. Hewan exotic tak cukup hny diberi makan dan minum saja. Mereka butuh diajak berinteraksi dan dilatih agar karakter dan kebiasaannya bs lebih terarah.
  3. TEMPAT
      Untuk hidup nyaman, Hewan exotic butuh hidup di tempat sprt layaknya habitat asli mereka. Atau setidaknya menyerupai.
  4. LINGKUNGAN SEKITAR
      Pastikan lingkungan sekitar kita tidak terganggu dengan keberadaan hewan peliharaan yang kita miliki. Ingat, lingkungan sekitar bukan hny berarti tetangga sekitar, yang kadang sering terlupa justru lingkungan terdekat yaitu keluarga. Jika masih memiliki anak berusia bayi sampai balita, demi alasan keselamatan, pikirlah 1000 kali untuk memelihara hewan exotic di dalam rumah. Kecuali syarat khusus sdh terpenuhi. Yang juga tak kalah penting adlh tetangga sekitar tempat tinggal kita. Hewan-hewan exotic dari jenis primata dan unggas sebagian besar mengeluarkan suara dengan volume kencang. Terganggu kah lingkungan kita dengan keberadaan hewan exotic yang kita pelihara.
  5. PENGETAHUAN
      Kondisi dan situasi habitat asli seringkali tercermin pd karakter hewan exotic, jikapun hewan exotic tersebut adlh hasil penangkaran namun sifat dasarnya tetap melekat. Penjual hanya akan memberitahu hal positif dan sisi baik dari hewan yang mereka jual, maka siapkan diri kita dengan pengetahuan yang memadai dan jadilah pembeli yang cerdas. Aspek legalitas atas kepemilikan hewan exotic juga menjadi hal lain yang perlu dipahami.
  6. MENTAL
      Siapkah kita untuk digigit, dicakar, dipatuk, dll ? Karena tak bisa bicara, hewan-hewan exotic kerapkali melakukan hal tersebut dengan berbagai alasan. Dari sekedar ingin mengajak bermain owner sampai rasa tidak nyaman, marah atau defense. Melarang mereka untuk tidak melakukan hal tersebut sama dengan melarang mereka untuk bernapas.

Jika keenam hal di atas sudah dipertimbangkan matang – matang, kemungkinan kita sudah masuk kategori siap untuk memelihara hewan exotic. Cobalah mulai memelihara hewan exotic dengan karakter yang tidak terlalu extreme. Jenis unggas bisa jadi pilihannya. Mintalah pendapat pet advisor atau orang yang lebih paham sebelum membeli dan memelihara hewan exotic.

Tulisan ini terinspirasi dari seorang teman yang tinggal di South Africa yang mengalami “insiden” dengan peliharaannya dari jenis primata. Padahal pengetahuannya soal primata tidak diragukan. Atas ijin pemilik, saya lampirkan photo akibat “insiden” tersebut agar kita lebih aware atas apa yang akan kita bawa ke rumah untuk dipelihara dan hidup bersama kita dan anggota keluarga.

Selalu ingat dan camkan baik-baik bahwa : “exotic pets is not tame, they just well trained”

Demikian dulu beberapa hal dari kami yang bagi anda menginginkan hewan exotic sebagai hewan peliharaan dan dijadikan teman curhat

Tags: #hewan #lucu

Jenis Burung Hantu di Indonesia dan Dunia
Jenis Burung Hantu di Indonesia dan Dunia
Burung Hantu – Selain jenis elang dan
Alap Alap Walet, Eurasian Hobby
Alap Alap Walet, Eurasian Hobby
Alap Alap Walet atau Eurasian hobby merupakan
Elang Brontok atau Changeable Hawk eagle (CHE)
Elang Brontok atau Changeable Hawk eagle (CHE)
Elang Brontok atau elang CHE adalah salah
Lovebird Biola, Ciri-ciri dan Harga Lovebird Biola
Lovebird Biola, Ciri-ciri dan Harga Lovebird Biola
Lovebird biola – Nama Biola mungkin sebagian
Must read×

Top