Inilah Beberapa Efek Samping Cuci Darah Ginjal Bagi Kesehatan

Cuci darah atau disebut dialysis merupakan suatu metode yang telah ditempuh oleh penderita gagal ginjal sebagai untuk melakukan proses dalam penyaringan darah. Darah akan secara rutin seperti “tercuci” dari zat – zat yang berbahaya yang terkandung di dalamnya ginjal manusia.

Pasien gagal ginjal ini, akan memiliki ginjal yang telah tidak berfungsi lagi dengan cara baik untuk melakukan proses penyaringan dan akan pembersihan darah secara alami. Cuci darah ini akan menjadi wajib jika dilakukan secara medis untuk menggantikan sebagai fungsi kerja dari ginjal yang telah rusak.

Proses cuci darah atau dialysis sendiri sudah dibagi menjadi 2 metode, yaitu Peritoneal Dialysis dan Hemodyalisis

efek samping cuci darah

Efek Samping cuci darah, Peritoneal Dialysis :

  1. Peritonitis

    Peritonitis ini merupakan suatu infeksi yang akan terjadi pada bagian bagian peritoneum, yang telah pada metode peritoneal dialysis ini akan digunakan sebagai tempat untuk menyaring darahnya.

  1. Hernia

    bisa menjadi efek samping, hal ini karena disebabkan adanya cairan yang telah bertahan sangat lama pada bagian-bagian rongga peritoneal ini dapat memicu terjadinya pada ketegangan di bagian otot perut, yang akan mengakibatkan terjadinya hernia.

  1. Kenaikan Berat Badan

    Cairan dialysis ini yang dimasukkan ke dalam tubuh seseorang ketika proses cuci darahnya dengan metode ini, berlangsung dengan memiliki pada kandungan gula yang terbilang sangat tinggi.

Hal ini akan berefek langsung pada berat badan yang akan menaik secara drastis dan karena tingginya kandungan gula yang akan masuk ke dalam tubuh pasiennya.

Efek Samping cuci darah, Hemodialysis :

  1. Tekanan Darah Rendah

    Tekanan darah rendah ini atau hipotensi, merupakan salah satu efek samping dari yang umum terjadi pada pasien yang akan menggunakan metode hemodialysis.

  2. Kram pada otot

    Kram ini bisa saja dapat terjadi karena hilangnya atau berkurangnya cairan di dalam tubuh, dan biasanya akan merasakan seperti kram pada bagian kaki.

  3. Gatal pada kulit

    Kandungan potasium yang cukup tinggi dianggap menjadi penyebab dari gatal – gatal ini. Pasien yang akan melakukan metode cuci darah hemodialysis ini biasanya akan mengalami rasa gatal di bagian tubuh mereka.

  4. Insomnia

    Insomnia atau biasa disebut kesulitan tidur merupakan suatu efek samping lain yang dapat terjadi sebagai dari akibat dalam metode cuci darah hemodialysis ini.

Efek Samping Cuci Darah Secara Umum

cuci darah

Kedua metode cuci darah ini yang memiliki efek samping yang sama – sama terjadi di kedua metode tersebut. Dan efek samping yang paling terasa ketika akan melakukan proses dari cuci darah secara umum ini adalah :

  1. Kelelahan

Kelelahan ini merupakan sebuah efek samping yang paling umum dari cuci darah atau dialysis, baik dari peritoneal dialysis maupun hemodialysis.

  1. Kondisi Fisik Yang Lemah

Kondisi fisik yang melemah merupakan salah satu efek samping yang telah ditimbulkan oleh proses dari cuci darah, baik peritoneal ataupun dari hemodialysis.

Hal ini disebabkan oleh asupan nutrisi yang sangat sedikit karena banyaknya pantangan makanan dan yang tidak boleh dikonsumsi, sehingga tubuhnya akan terasa lemas dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Stress dan Merasa Akan Cemas

Tidak hanya di dalam kondisi fisik saja yang akan menurun sebagai akibat dari prosesnya cuci darah, namun bisa juga kondisi mental dari pasien ini akan ikut turun. Hal ini juga disebabkan oleh, selain asupan nutrisi yang tidak cukup, pasien ini juga memiliki kecemasan dan khawatir di dalam kondisi tubuhnya sendiri.

Sehingga akan menimbulkan seperti stress, yang tentunya akan sangat mengganggu dalam kondisi mental dari si pasien tersebut.

Baca Juga :
Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami

Penyebab Gagal Ginjal Akut dan Kronik
Ciri Ciri Gagal Ginjal Awal

Tags: #gaya hidup #nutrisi #penyakit #sehat alami

5 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami dan Modern
5 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami dan Modern
Cara Menghilangkan Bulu Ketiak secara Permanen, Bagi
8 Cara Menghilangkan Bekas Luka Hitam Pada Kulit Secara Alami
8 Cara Menghilangkan Bekas Luka Hitam Pada Kulit Secara Alami
Semua orang pasti pernah mengalami luka pada
5 Cara Mengobati Gatal-Gatal Berair Pada Kulit Secara Alami
5 Cara Mengobati Gatal-Gatal Berair Pada Kulit Secara Alami
Memiliki Kulit yang bersih dan sehat memang
4 Cara Mengobati Penyakit Liver Dengan Cepat (100% Alami)
4 Cara Mengobati Penyakit Liver Dengan Cepat (100% Alami)
Liver merupakan salah satu bagian organ dalam
6 Cara Mengobati Tipes Secara Alami Agar Cepat Sembuh
6 Cara Mengobati Tipes Secara Alami Agar Cepat Sembuh
Penyakit tipes atau biasa juga disebut dengan
4 Cara Mengobati Muntaber Secara Alami (Buktikan Ampuh)
4 Cara Mengobati Muntaber Secara Alami (Buktikan Ampuh)
Muntaber memang sebuah penyakit yang cukup di
Must read×

Top
web statistics