Cara Menampilkan Opsi Pengembang di Android

In Blogging

Apakah Anda pernah mendengar mengenai opsi pengembang yang ada pada Android? Ya, menu opsi pengembang memang memiliki fungsi yang sangat penting. Salah satunya untuk melakukan rooting atau flashing Android. Cara menampilkan opsi pengembang di Android sebenarnya sangat mudah namun mengingat menu tersebut disembunyikan sehingga Anda harus tahu betul dimana letak menu dari opsi tersebut. Hampir di semua Android yang ada, opsi pengembang diletakkan di menu yang cukup sulit ditemukan, hal ini dikarenakan pentingnya fungsi dari menu yang ada di opsi tersebut.

Beberapa langkah dalam cara menampilkan opsi pengembang di Android

cara menampilkan opsi pengembang di Android 2

Sebenarnya menu tersebut memang dikhususkan untuk para pengguna handphone profesional atau yang sudah paham mengenai seluk beluk dari ponsel. Sehingga dikhawatirkan jika diletakkan secara sebarangan nantinya akan di utak-atik dan justru akan merusak performa dari ponsel. Namun, tidak perlu khawatir jika Anda ingin melihat apa saja isi dalam menu opsi pengembang caranya sangat mudah. Berikut cara menampilkan opsi pengembang di Android:

1 ) Buka menu “Setting” lalu pilih “About Phone”

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam cara menampilkan opsi pengembang di Android adalah membuka menu “Setting” atau “Setelan”. Setelah itu, scroll ke bagian bawah lalu klik menu “About Phone”. Di dalam menu “About Phone” terdapat banyak sekali sub menu yang bisa Anda lihat, contohnya seperti “Android version”, “Model Number”, “Pembaharuan System”, “Status”, dan lain sebagainya. Masing-masing Android memiliki sub menu yang berbeda-beda akan tetapi hampir semua ponsel memiliki konsep yang sama.

2 ) Pada sub menu “About Phone”, pilih “Build Number” atau “Nomor Bentukan”

Langkah selanjutnya setelah Anda membuka menu “About Phone”, Anda harus mengetuk atau mengklik sub menu “Build Number” atau “Nomor Bentukan” beberapa kali sekitar 5 sampai 7 kali secara berurutan hingga muncul notifikasi pop up. Pada sebagian ponsel pintar, sub menu “Build Number” tidak langsung muncul saat Anda mengklik “About Phone”. Tidak perlu khawatir karena sub menu “Build Number” berada pada sub menu “Software Information”.

Setelah selesai mengklik sub menu “Build Number” maka akan muncul notifikasi, bisa berupa ”Selamat, Sekarang Anda adalah seorang pengembang” atau “You’re Now Developer”. Jika notifikasi ini tidak muncul berarti ada yang salah dalam cara menampilkan opsi pengembang di Android yang Anda lakukan. Anda bisa mengulanginya lagi dari awal.

3 ) Kembali ke menu “Setting” di awal

Setelah Anda sukses menjadi pengembang, yang perlu Anda lakukan adalah kembali ke halaman “Setting”, Anda bisa langsung keluar dan membuka menu “Setting” atau klik tombol kembali. Saat membuka menu “Setting” maka akan muncul pilihan “Developer option” atau opsi pengembang. Umumnya menu tersebut sudah langsung aktif namun jika tidak, Anda cukup klik menu tersebut lalu geser tombol “Off” ke tombol “On”

Setelah tombol pada opsi pengembang berubah menjadi “On” Anda sudah bisa merooting ataupun memflashing Android kesayangan Anda cukup dengan mengaktifkan opsi USB Debugging jika Anda menggunakan perantara USB.

Keempat langkah tersebut memang tergolong sangat mudah atau bisa dikatakan cara untuk mengaktifkan menu “Developer option” sangat mudah. Akan tetapi ada baiknya jika Anda harus didampingi oleh orang yang memang sudah berpengalaman atau minimal sudah pernah melakukan cara menampilkan opsi pengembang di Android. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi saat proses aktivasi yang tentunya akan mempengaruhi performa dari ponsel kesayangan Anda.

Tags: #tips blog #trik blog #tutorial blog

Must read×

Top
web statistics