Cara Mengaktifkan Defender Windows 10 (Step by Step)

In Blogging

Jika Anda pengguna Windows pasti sudah tidak asing dengan Windows Defender. Windows Defender adalah program Antivirus default yang ada pada sistem operasi Windows. Apabila Anda menggunakan sistem operasi Windows 10, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengaktifkan defender Windows 10.  Windows Defender ini sudah menawarkan perlindungan dasar pada komputer Anda. Namun, banyak pengguna sistem operasi windows yang memilih menggunakan Antivirus lain karena kurang percaya dengan kemampuan defender Windows ini. Berikut langkah-langkah mengaktifkan ataupun menonaktifkan defender pada Windows 10 Anda.

Dua Cara Mengaktifkan Defender Windows 10 dengan Mudah

Cara mengaktifkan defender Windows

  1. Cara mengaktifkan defender Windows 10 yang pertama adalah melalui setting. Cara ini bisa dilakukan apabila sistem operasi Windows Anda menggunakan Windows 10 Home edition. Jika sistem operasi Windows Anda sudah menggunakan versi Pro atau edisi enterprise, maka Anda bisa menggunakan dua cara selain melalui setting atau pengaturan ini. Pertama adalah dengan membuka setting pada windows Anda atau bisa juga dengan menekan Windows + I pada keyboard untuk lebih mudahnya.
  1. Jika Anda sudah membuka setting, cara mengaktifkan defender Windows 10 yang selanjutnya adalah dengan klik update and security (Windows update, recovery, backup), menu ini disimbolkan dengan tanda panah yang berputar. Setelah Anda klik update and security, akan ada beberapa menu pilihan.
  1. Klik windows defender, kemudian matikan real time protection dengan menggeser ke arah ON untuk mengaktifkan atau menggeser ke arah OFF untuk mematikan.

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan editor group policy. Cara ini hanya bisa dilakukan jika sistem operasi Windows Anda adalah Windows 10 pro dan edisi enterprise. Jika Windows Anda adalah Windows 10 home edition, cara mengaktifkan dengan setting sudah cukup. Nah, berikut cara mengaktifkan defender Windows dengan group policy.

  1. Buka editor group policy. Anda bisa membukanya dengan melakukan pencarian di kolom search pada taskbar. Masukkan kata group policy, maka Anda akan langsung menentukan editor group policy. Selanjutnya, setelah tampilan Local Group Policy Editor sudah tampil di layar Anda, pilih atau klik Computer Configuration, kemudian pilih lagi kolom Administrative Templates dengan cara klik dua kali pada kolom Administrative Template. Selanjutnya klik lagi dua kali pada kolom Windows Components. Lalu cari kolom Windows defender, dan klik dua kali. Selanjutnya pilih Real Time Protection.
  1. Setelah itu, Anda bisa melihat menu yang ada di sisi kanan jendela tampilan. Anda bisa membuka Turn off real protection dengan cara mengeklik dua kali pada jendela tersebut. Pilihlah Turn off real-time protection. Selanjutnya, setelah tampilan jendela sudah muncul pilihlah Not Configured untuk kemudian mengaktifkan real-time protection. Yang terakhir Anda hanya tinggal klik Apply untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan pada pengaturan defender Windows 10 Anda.

Itu tadi dua cara mengaktifkan defender Windows 10 pada komputer Anda dengan mudah. Jika Anda memutuskan untuk mengaktifkan defender pada Windows 10 Anda, maka Anda tidak disarankan untuk menginstall aplikasi antivirus lain, karena dikhawatirkan akan terjadi crash diantara keduanya. Maka dari itu pilihannya jika Anda ingin menggunakan defender dari Windows 10 ini, Anda tidak perlu menginstall antivirus lain. Namun jika Anda kurang percaya dengan kemampuan Windows Defender ini, Anda bisa menginstall antivirus lain, namun syaratnya defender Windows Anda harus dimatikan. Bagaimana? Mudah bukan? Anda bisa mencobanya sendiri.

Tags: #tips blog #trik blog #tutorial blog

Must read×

Top
web statistics