Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi yang Efektif

In Kesehatan

Cara mengatasi perut kembung pada bayi – Buah hati, khususnya bayi, adalah harta paling berharga bagi setiap orang. Oleh karena itu, mereka yang memiliki bayi akan selalu menjaga dan merawat kesehatannya. Hal ini sendiri bukan tanpa alasan. Bayi adalah makhluk yang lemah. Sistem tubuhnya pun belum bekerja secara maksimal. Ia juga kerap mengalami , salah satunya perut kembung.

Perut kembung pada bayi sendiri sama dengan orang dewasa, sama-sama disebabkan oleh penumpukan gas akibat makanan dan minuman yang dikonsumsinya.

Jika pada orang dewasa, perut kembung bisa diatasi dengan mengonsumsi aneka obat atau ramuan untuk mengatasi masalah tersebut. Tapi untuk bayi, hal itu tentu tidak dianjurkan karena satu dan lain alasan.

Lantas, bagaimana tata cara mengatasi perut kembung pada bayi itu sendiri? Apakah dengan menggunakan obat? Atau malah menggunakan bahan alami? Nah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, yuk simak pembahasan lengkap seputar cara mengatasi perut kembung pada bayi berikut.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Perut kembung pada bayi sendiri diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi. Sistem pencernaan bayi yang kurang maksimal memungkinkan pertambahan gas akibat makanan dan minuman terjadi.

Nah, adapun cara mengatasi perut kembung pada bayi sendiri bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Gendong dan letakkan bayi di kasur dengan keadaan telentang

Cara mengatasi perut kembung pada bayiCara ini sendiri bisa dilakukan dengan meletakkan atau menggendong bayi dengan posisi telentang. Setelah itu angkat kaki bayi dan gerakkan sebagai sedang menggendarai sepeda. Cara mengatasi perut kembung pada bayi ini akan membantu mengeluarkan gas pada perut bayi secara lebih maksimal.

Namun perlu diingat, cara ini baiknya dilakukan dengan perlahan. perhatikan juga jam makan bayi. Dan yang paling penting, hindari kegiatan bayi setelah bayi selesai makan. Sebab, bagaimana pun juga, kegiatan ini berpotensi menimbulkan gumoh atau muntah pada bayi. Oleh sebab itu, cara mengatasi perut kembung pada bayi ini baiknya diperhatikan waktu pelaksanaannya demi dan kenyamanan bayi.

2. Memijat perut bayi secara perlahan

Pijat BayiSama halnya dengan cara nomor 1, cara ini juga bisa dilakukan dengan posisi tidur. Usap perut bayi searah jarum jam dengan perlahan. Jika perlu, Anda bisa juga memberi minyak telon untuk menghangatkan dan memberi kesan nyaman pada bayi.

Di samping cara di atas, Anda juga mengusap punggung bayi dengan posisi telungkap di atas paha Anda. Cara ini bukan hanya membuat kembung pada bayi hilang, tapi juga memberi kenyamanan pada bayi itu sendiri. Namun perlu diingat, untuk menghindari muntah atau gumoh, jangan lakukan cara mengatasi perut kembung pada bayi ini setelah bayi makan atau minum susu.

Cara Mencegah Perut Kembung Pada Bayi

Selain mengatasi perut kembung pada bayi, Anda juga mencegah hal serupa dengan menerapkan cara-cara sebagai berikut:

1. Gendong bayi dengan posisi tegak sesaat setelah meminum susu

Cara mengatasi perut kembung pada bayiMenggendong bayi dengan posisi tegak -khususnya setelah Ia selesai minum susu atau makan- akan mengurangi resiko perut kembung. Kenapa? Karena dengan posisi tersebut, baik susu atau makanan akan langsung tercerna dengan baik, sehingga mengurangi resiko kembung setelah makan atau minum susu.

Di samping digunakan untuk mencegah perut kembung, metode ini juga bisa diterapkan sebagai terusan dari cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Seperti yang kita ketahui, perut kembung pada bayi sendiri kerap terjadi setelah selesai makan. Kondisi organ pencernaan yang belum maksimal memang memungkinkan hal ini terjadi. Oleh sebab itu, untuk mencegah dan mengurangi resiko tersebut, para orang tua dianjurkan men

2. Berikan susu beberapa jam sebelum Ia lapar

Berikan Susu BayiCara mencegah perut kembung pada bayi ini menghindarkan bayi dari keadaan perut yang kosong. Sebagaimana yang Anda ketahui, perut kosong pada bayi adalah sumber masalah karena dapat menyebabkan kembung akibat masuk angin.

Oleh sebab itu, untuk mencegah hal tersebut, kita –selaku orang tua- di anjurkan untuk memberikan susu untuk mengisi perut bayi yang kosong.

Di samping untuk mencegah perut kembung, pemberian susu juga berguna untuk menambah asupan nutrisi untuk bayi. Seperti yang kita ketahui, susu sendiri mengandung banyak nutrisi untuk bayi seperti kalsium, protein dan aneka nutrisi lain. Oleh karena itu, para orang tua dianjurkan memberikan susu beberapa jam sebelum bayinya lapar.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi, lengkap dengan penanganan dan pencegahannya. Dengan menerapkan cara-cara di atas, harapannya bayi akan lebih sehat dan terhindar dari masalah perut kembung.

Baca juga:

Tags: #gaya hidup #nutrisi #penyakit #sehat alami

Iniloh Cara Menghilangkan Komedo Hitam Secara Alami Dan Cepat (100% Ampuh)
Iniloh Cara Menghilangkan Komedo Hitam Secara Alami Dan Cepat (100% Ampuh)
Cara Menghilangkan Komedo Hitam – Memiliki komedo
6 Cara Mengatasi Rambut Kering Dan Kasar Secara Alami (99% Ampuh)
6 Cara Mengatasi Rambut Kering Dan Kasar Secara Alami (99% Ampuh)
Cara Mengatasi Rambut Kering – Mengatasi rambut
(Wajib Tahu) Cara Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan
(Wajib Tahu) Cara Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan
Cara Tidur Yang Baik – Tidur, adalah
Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi (Buktikan)
Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi (Buktikan)
Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi –
Inilah 6 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Tomat (100% Ampuh)
Inilah 6 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Tomat (100% Ampuh)
Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Tomat – Ada
Ini 8 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami Tanpa Obat (99% Manjur)
Ini 8 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami Tanpa Obat (99% Manjur)
Cara Mengatasi Keputihan – Pada wanita keputihan
Must read×

Top
web statistics